Rabu 16 Dec 2015 10:25 WIB
Peristiwa Unik 2015

Kaleidoskop Maret 2015: Tawaran Hati CEO Apple Hingga Bermain Boling dengan Granat

Steve Jobs
Foto: AP
Steve Jobs

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maret tahun ini diwarnai berbagai peristiwa menarik di dunia. Yuk, simak peristiwa-peristiwa tersebut yang dirangkum dari arsip Republika.co.id berikut ini.

 

CEO Apple Pernah Tawarkan Hatinya untuk Steve Jobs

NEW YORK -- Pendiri dan mantan CEO Apple Inc. Steve Jobs, meninggal akibat komplikasi liver atau hati pada 2011 silam. Namun, siapa sangka pada 2009, CEO Apple Tim Cook, pernah menawarkan sebagian hatinya untuk menyelamatkan jiwa Jobs.

Sayang saat itu, Jobs menolak keras tawaran Cook. Seperti dilansir The Washington Post, Jumat (13/3), menurut sebuah buku tentang masa-masa terakhir Jobs, dikisahkan Cook yang akhirnya mengambil alih kerajaan teknologi tersebut, saat itu mengetahui dirinya memiliki darah yang cocok dengan jenis darah langka yang dimiliki Jobs.

Jobs yang kala itu membutuhkan transplantasi hati untuk berjuang melawan kanker pankreasnya, mendapat tawaran transplantasi dari rekannya Cook. Namun, ternyata niat Cook tak bisa diwujudkan. Bukan karena kondisi kesehatannya yang tak memungkinkan, melainkan karena Jobs menolaknya.

"Aku bilang, 'Steve aku sangat sehat, aku telah memeriksakan diri. Ini laporan medisnya, aku akan baik-baik saja'", kenang Cook. Namun menurutnya Jobs menolak tawarannya tersebut.

"Tidak. Aku tidak akan pernah membiarkan kamu melakukan itu. Aku tak akan pernah melakukan hal itu," ujar Cook mengutip ucapan Jobs.

Cook mengatakan, orang egois tak akan memberikan jawaban seperti itu. Menurut Cook ini merupakan tindakan luar bisa dari seorang yang sedang sekarat dan dekat dengan kematian.

Cook menambahkan selama 13 tahun bersama Jobs, Jobs hanya empat sampai lima kali berteriak padanya. Penolakan terhadap tawarannya adalah salah satu dari lima teriakan yang pernah dilontarkan Jobs padanya.

Jobs akhirnya memang mendapat transplantasi hari di tahun yang sama. Dua tahun kemudian, Jobs tutup usia dan meninggalkan Cook yang mengambil alih perusahaan tersebut.

Selanjutnya: Dua Orang Terluka Setelah Bermain Bowling dengan Granat

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement