Kamis 17 Dec 2015 06:06 WIB

13 Negara Terkaya di Dunia yang Politisinya tak Dipercaya Publik

Red: Nur Aini
Koruptor (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Koruptor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Survei daya saing global yang dilakukan Forum Ekonomi Dunia (WEF) tidak hanya melihat kesehatan dan risiko finansial negara-negara dunia. Forum tersebut juga menelisik lebih mendalam tentang suatu negara termasuk kepercayaan publik pada politisi.

Survei tersebut meminta warga untuk memberi peringkat standar etis politisi. Skor 1 menyatakan peringkat sangat rendah dan 7 untuk sangat tinggi. Hasilnya, tak ada satu pun negara yang memiliki skor 7, meskipun Singapura memiliki skor tertinggi untuk kepercayaan terhadap politisi dengan skor 6,2.

Inggris mendapatkan skor 4,5 dan Amerika Serikat dengan 3,4.  Namun, ada beberapa negara lain yang memiliki kepercayaan terhadap politisi rendah.

Berikut 13 negara yang penduduknya semakin tidak percaya pada politisi berdasarkan laporan the Independent. Negara ini hanya dipilih dari anggota Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) yang sebagian besar merupakan negara maju dengan sistem demokrasi.  Beberapa negara memiliki kesamaan peringkat karena skornya sama.

13. Turki

Skor untuk kepercayaan terhadap politisi 3,1. Politisi negara ini disebut terkenal hanya karena kasus korupsi. Skandal pada 2013 menyebutkan polisi menggrebek sebuah rumah milik pejabat dan menemukan jutaan uang tunai yang diduga untuk menyuap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement