Kamis 17 Dec 2015 07:45 WIB

Penghargaan Stepen Hawking Diumumkan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Stephen Hawking
Stephen Hawking

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Fisikawan dan kosmolog kenamaan Inggris Stephen Hawking meluncurkan penghargaan atas namanya untuk komunikasi ilmu pengetahuan.

'Medali Stephen Hawking untuk komunikasi ilmu pengetahuan' akan diberikan kepada mereka yang membantu mempromosikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat melalui media, seperti film, musik, tulisan dan seni.

"Saya senang untuk mengatakan aku di sini ketika mengumumkan satu penerima penghargaan, bukan untuk menerima penghargaan,"kata Hawking dalam peluncuran penghargaan atas namanya di Royal Society, Inggris, dilansir AFP, Rabu (16/12).

Lanjut ia mengatakan, ketika ia menulis 'A Brief History of Time', ia ragu apakah ada yang membaca buku fisika tersebut.

Namun ternyata buku ilmu pengetahuan tersebut laris dan populer. "Orang-orang di seluruh dunia menampilkan keinginan besar mendapatkan informasi ilmiah. Masyarakat ingin tahu, mereka ingin memahami," katanya.

Medali pertama akan diberikan pada pertengahan 2016 mendatang, dalam tiga kategori yang berbeda: ilmiah, masyarakat seni dan film.

Para pemenang medali Stephen Hawking ini akan diumumkan pada Starmus Festival, pertemuan seni dan ilmu pengetahuan di Kepulauan Canary Spanyol pada 27 Juni-2 Juli 2016 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement