Ahad 20 Dec 2015 11:37 WIB

Sekolah AS Diprotes karena Ajarkan Kaligrafi Arab

Rep: Gita Amanda/ Red: Nur Aini
Kaligrafi kalimat syahadat dalam pelajaran Geografi yang memicu seluruh sekolah di Virginia ditutup.
Foto: cbs
Kaligrafi kalimat syahadat dalam pelajaran Geografi yang memicu seluruh sekolah di Virginia ditutup.

REPUBLIKA.CO.ID, VIRGINIA -- Sebuah sekolah di negara bagian Virginia diliburkan lebih awal setelah orang tua memprotes mengenai pelajaran kaligrafi Arab. Orang tua mengatakan khawatir anak-anak mereka akan terdoktrin dengan keyakinan Islam.

Administrasi sekolah di County Augusta, Virginia, ditutup lebih awal untuk liburan musim dingin pada Jumat (18/12) setelah adanya ancaman kekerasan. Pejabat sekolah juga membatalkan pelajaran kaligrafi Arab setelah diprotes orang tua siswa.

Kaligrafi merupakan bagian dari tugas terkait mengenalkan perbandingan agama. Namun, tugas tersebut menyebabkan kemarahan orang tua siswa sekolah menengah atas Rivershead. Padahal, tugas tersebut dimaksudkan untuk membantu siswa menghargai gaya kaligrafi Arab yang kerap dikaitkan dengan tulisan di kitab suci agama Islam.

Dalia Mogahed dari  Institute for Social Policy and Understanding yang merupakan mantan penasihat Barack Obama mengatakan, orang-orang yang mengeluhkan hal ini merupakan wujud dari ketakutan mereka.

"Saat kita memberi 'makan' pada ketakutan, hari demi hari, kita bertindak layaknya manusia, kita bertindak karena takut dan menjadi irasional, itu hanya gejala dari masalah yang lebih besar," katanya kepada Aljazirah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement