Ahad 20 Dec 2015 15:04 WIB

Kapal Migran Karam di Turki, 18 Orang Tewas Tenggelam

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Pengungsi dan imigran berdatangan ke Eropa lewat laut di Pulau Lesbos, Yunani.
Foto: Reuters
Pengungsi dan imigran berdatangan ke Eropa lewat laut di Pulau Lesbos, Yunani.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Sebanyak 18 orang tenggelam semalam ketika kapal mereka karam di Laut Aegean menuju Pulau Kalymnos Yunani.

"Sebanyak 14 orang lainnya, di antaranya, berasal Suriah, Irak, dan Pakistan telah diselamatkan ke tempat yang aman oleh penjaga pantai Turki," kantor berita Dogan melaporkan seperti dikutip dari laman ABC Online, Ahad (20/12).

Sebanyak 14 korban selamat dibawa ke rumah sakit dalam kondisi serius dan menderita hiportemia. Migran meninggalkan resor Bodrum pada malam hari menggunakan kapal tua. Kemudian kapal tersebut tenggelam sekitar dua mil laut di lepas pantai Turki.

Sekitar 650 ribu migran, kebanyakan dari Irak dan Suriah telah mencoba untuk menyeberangi Laut Aegea tahun ini untuk mencari kehidupan yang lebih baik di Eropa. Tapi, diperkirakan 500 pengungsi, termasuk anak-anak, tewas dalam perjalanan yang sering berbahaya.

Para pemimpin di negara Eropa juga mendesak duta besar Uni Eropa untuk mengatur pengiriman bantuan yang telah dijanjikan sebesar 3 miliar euro untuk pengungsi di Turki sebagai imbalan atas bantuannya dalam membendung arus migran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement