Senin 21 Dec 2015 20:29 WIB

Jet Rusia akan Kawal Assad ke Iran

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham
Jet tempur Rusia yang melakukan serangan udara di Suriah.
Foto: reuters
Jet tempur Rusia yang melakukan serangan udara di Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Sebuah laporan mengatakan, Moskow mengusulkan akan mengirimkan pesawat jetnya untuk melindungi Presiden Suriah Bashar al-Assad yang akan melakukan kunjungan ke Iran. Moskow juga meminta koalisi Amerika Serikat tak mendekati pesawat tersebut.

Dilansir Aljazirah, Senin (21/12), Rusia telah mengusulkan mengirimkan empat jet tempur untuk mengawal pesawat yang membawa Presiden Suriah saat ia akan melakukan kunjungan ke Iran. Harian Lebanon Al-Diyar mengatakan, Moskow juga telah memperingatkan koalisi pimpinan AS untuk tak mendekati pesawat Assad demi menghindari pertempuran udara.

Diharapkan pesawat Assad akan terbang ke Iran melalui wilayah udara Irak. Kantor berita resmi Iran mengatakan pada Jumat (18/12), Assad akan mengunjungi Iran pada akhir Desember atau awal Januari. Namun tanggal yang tepat belum diungkapkan. (Irak: ISIS Cegah Warga Sipil Keluar Ramadi).

Pada Oktober lalu, Assad juga terbang ke Moskow untuk menggelar pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin. Ini diyakini sebagai perjalanan pertama Assad setelah pecah pemberontaka pada 2011.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement