Rabu 23 Dec 2015 06:30 WIB

Objek Antik Berkilau Misterius di Kuburan Yerusalem Terungkap

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Bilal Ramadhan
Objek berkilau yang ditemukan di kuburan Yerusalem
Foto: Times of Israel
Objek berkilau yang ditemukan di kuburan Yerusalem

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Misteri sebuah benda antik di Israel selama enam bulan ini terungkap. Objek emas mengkilap yang ditemukan di kuburan Yerusalem itu berbentuk hampir seperti pin bowling.

Namun yang menyulitkan adalah mengidentifikasi penggunaan benda tersebut. "Untuk mengatakan kebenaran, saya belum pernah melhat hal seperti ini sebelumnya," ujar kepada unit pencegahan perampokan Amir Ganor kepada NBC News, Selasa (22/12).

Objek misterius itu ditemukan enam bulan lalu oleh seorang pekerja pemeliharaan yag melihat sesuatu berkilau di lapangan pemakaman Yerusalem. Kuburan itu benar-benar menjadi situs arkeologi penting di mana sisa-sisa dari Romawi, Bizantium dan periode Crusader ditemukan.

Setelah menggali, emas seberat 19 pound keluar. Pekerja pemeliharaan berpikir ia mungkin telah menemukan bahan peledak dan memanggil penjinak bom yang melakukan ledakan terkontrol. Ledakan tidak merusak objek sama sekali dan kemudian polisi menyerahkan objek ke unit Ganor ini.

Ganor dan timnya berupaya untuk mengidentifikasi benda tersebut termasuk mengunggah gambarnya di Facebook. Berbagai jawaban muncul dari para pengguna media sosial. Namun seorang pria Italia bernama Mikha Barak memecahkan pertanyaan itu.

Ia mengatakan, otoritas barang antik mengidentifikasi objek sebagai sesuatu yang berusaha untuk memberikan perlindungan energi dan ditujukan untuk penggunaan naturopaths dan orang-orang yang berurusan dengan energi penyembuhan.

"Objek diproduksi oleh sebuah perusahaan Jerman yang disebut 'Isis Beamer' meniru dewi Mesir Isis," katanya. Dalam mitologi Mesir, ia manambahkan Isis adalah dewi pengobatan, sihir dan alam. Barak pun diundang untk berkunjung ke Israel dan melihat objek tersebut secara langsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement