Sabtu 26 Dec 2015 02:15 WIB

Bantu Tunawisma di Kala Natal, Muslim Inggris Tuai Pujian

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Andi Nur Aminah
Bak jamur di musim hujan, krisis ekonomi Eropa yang berimbang kepada Inggris, membuat jumlah tunawisma di negara Ratu Elizabeth itu semakin meningkat.
Bak jamur di musim hujan, krisis ekonomi Eropa yang berimbang kepada Inggris, membuat jumlah tunawisma di negara Ratu Elizabeth itu semakin meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebagai seorang Muslim, Nubaid Haroon tidak ikut merayakan Natal. Namun, pria yang akrab disapa Rambo Vlogs itu tidak ingin melewatkan momentum begitu saja. 

Dengan memanfaatkan jaringan media sosial, Rambo mengajak orang-orang untuk memerhatikan kaum papa di hari Natal. Selama perayaan umat Nasrani itu berlangsung, Rambo pergi ke seantero London guna menemui para tunawisma dan membagikan hadiah kepada mereka. Demikian dilansir Mirror, Jumat (25/12). 

Rambo mengaku sebagai Muslim ia tidak bisa ikut merayakan hari raya umat Nasrani. Namun, ia begitu antusias untuk terlibat dalam berbagi semangat kebahagiaan di hari yang spesial itu.

Selayaknya kado Natal, hadiah bagi para tunawisma diberikannya dalam bungkus yang rapi dan menarik. Hadiah itu berupa baju hangat dan selimut tebal, mengingat London sedang menghadapi musim dingin yang menggigit. 

 

Salah seorang tunawisma yang ditemui Rambo, Catherine (61) tampak terharu ketika menerima kado tersebut. Dalam video YouTube, Catherine mengaku sudah hidup menggelandang selama 21 tahun setelah suaminya meninggalkannya dan ia sendiri kehilangan pekerjaan. Dia hidup seorang diri sejak saat itu. 

Tunawisma lainnya, David (28) dan Teddy (47), masing-masing sudah hidup di jalanan selama tiga dan 12 tahun. Mereka yang menerima bingkisan Natal dari Rambo tak kuasa menahan haru dan memeluk pria itu. 

"Orang-orang di Youtube banyak yang saling berbagi kado, tapi buatku aku sangat antusias untuk melakukan sesuatu bagi mereka yang benar-benar membutuhkan di hari Natal ini," kata Nubaid Haroon dalam videonya yang dirilis ke YouTube.

Menurutnya, hidup begitu berat dan tak adil bagi para tunawisma. Dia mengatakan kini kondisi hidupnya jauh lebih baik dari para tunawisma itu. "Jadi kupikir akan lebih menyenangkan bila menjadi Sinterklas (di hari Natal) dan berbagi sekadar hadiah. Saya ingin menebar kebaikan dan membuat mereka (para tunawisma) merasa dihargai. Saya senang sekali video ini untuk dibagikan," ujar dia menambahkan. 

Video tersebut berjuduk "Muslim Gives Presents to Homeless for Christmas" dan sudah diunggah sejak Selasa (22/12). Hingga kini, video itu sudah dilihat oleh ribuan pengunjung.  "Suka sekali! Saya senang sekali kamu sudah berbagi cerita," komentar salah satu pengunjung.  "Kamu menakjubkan," kata pengunjung lainnya. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement