Selasa 29 Dec 2015 10:00 WIB

Bos Freeport McMoran Jim Bob Mundur

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bilal Ramadhan
Presdir Freeport McMoran, James 'Jim Bob' Moffet
Foto: Bloomberg
Presdir Freeport McMoran, James 'Jim Bob' Moffet

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Presiden Direktur Freeport McMoran yang berkedudukan di AS, sekaligus induk dari PT Freeport Indonesia, James R Moffet menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya. Pengunduran diri Moffet ini menyusul harga komoditas tambang yang anjlok dan pengurangan karyawan yang terjadi di seluruh anak usaha.

(Baca: Bos Freeport McMoran Mundur, Ini Tanggapan Sudirman Said)

Freeport McMoran sendiri merupakan salah satu produsen emas dan tembaga terbesar di dunia. Harga komoditas keduanya ikut menurun tahun ini. Tembaga sudah anjlok lebih dari 26 persen tahun ini. Pengunduran diri Moffet ini tak lepas dari peran investor Carl Icahn.

Pada perdagangan bursa saham AS, Senin siang, saham Freeport-McMoran langsung jatuh 61 sen atau 8,1 persen menjadi 6,95 dollar AS per lembar saham. Moffet secara resmi akan mundur pada Kamis mendatang.

Nantinya Moffet akan digantikan oleh Direktur Utama Independen Gerald J Ford. Ford akan menjadi direktur noneksekutif dan Richard C Adkerson akan menjadi presiden dan CEO. "Selama 50 tahun kariernya di industri sumber daya alam, Jim Bob telah menjadi ikon eksplorasionis," kata Ford setelah Moffet menyatakan mundur.

Moffet, yang akrab disapa Jim Bob, telah menjadi Presiden Direktur Freeport McMoran sejak 2003 dan sebelumnya menjabat sebagai CEO dari 1995 hingga 2003. Moffet sendiri mendirikan McMoran Oil & Gas co pada 1969 dan pada 1981 perusahaannya merger dengan McMoran Oil & Gas co.

Jim Bob akan menerima pesangon sebesar 16,1 juta dolar AS dan menjadi dewan konsultan dengan pendapatan sebesar 1,5 juta dolar AS per tahun. N Sapto Andika Candra

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement