Selasa 29 Dec 2015 12:11 WIB

Ribuan Migran Kuba Akhirnya Lanjutkan Perjalanan ke AS

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Migran Kuba di Pulau Grand Cayman, 28 Agustus 2014.
Foto: Reuters/Peter Polack
Migran Kuba di Pulau Grand Cayman, 28 Agustus 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, EL SAVADOR -- Negara Amerika Tengah mencapai kesepakatan untuk memungkinkan beberapa ribu migran Kuba untuk melanjutkan perjalanan mereka menuju Amerika Serikat. Mereka telah terdampar di Kosta Rika selama satu bulan.

BBC News melaporkan pada Selasa (29/12), para migran akan diterbangkan ke El Salvador selanjutnya akan menaiki bus yang akan membawa mereka ke AS. Undang-undang Amerika memberikan migran Kuba perlakuan istimewa.

Jika mereka tiba melalui jalur darat maka mereka akan diterima. Tapi jika melalui jalur laut maka akan dikembalikan, di bawah kebijakan "kaki basah, kaki kering".

Namun banyak migran Kuba takut mencairnya hubungan antara Washington dan Havana mungkin mengakhiri perlakuan istimewa yang diberikan kepada mereka.

"Kami telah sepakat melakukan transfer kemanusiaan pertama di Januari," kata menteri luar negeri dari kelompok daerah Sica dan Meksiko.

Mereka bertemu di Guatemala City untuk mencoba menemukan solusi krisis. Perwakilan Kuba sendiri tidak menghadiri pertemuan, tetapi mengatakan pihaknya memperkirakan tercapainya solusi cepat dan memadai dari negara-negara yang terlibat.

Jumlah migran Kuba mencoba masuk ke AS melalui Amerika Latin melalui perjalanan darat telah meningkat tajam sejak Desember 2014. Ini terjadi setelah kedua negara memutuskan memperbaiki hubungan.

 

Baca juga:

Israel Pecat Kepala Rudal Pertahanan

Ratusan Keluarga ISIS Selamatkan Diri dari Suriah Utara

10 Penemuan Ruang Angkasa Terhebat 2015

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement