Selasa 29 Dec 2015 12:41 WIB

Ini Jabatan Baru Moffet Usai Mundur dari Kursi CEO Freeport McMoran

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Bilal Ramadhan
Presdir Freeport McMoran, James 'Jim Bob' Moffet
Foto: Bloomberg
Presdir Freeport McMoran, James 'Jim Bob' Moffet

REPUBLIKA.CO.ID,‎ PHOENIX -- Pendiri Freeport-McMoRan Inc James Moffet mengundurkan diri sebagai pimpinan dan keluar dari jajaran dewan perusahaan setelah perusahaan menambahkan dua direktur baru di bawah tekanan investor miliarder Carl Icahn.

Freeport mengatakan Moffet yang telah ditunjuk sebagai ketua emeritus akan menjadi konsultan untuk dewan pertimbangan perusahaan pada operasinya di Indonesia. Moffet (77 tahun) memainkan peran kunci dalam pengembangan tambang dan emas dan Grasberg di Indonesia, yang merupakan salah satu terbesar di dunia. Saham Freeport turun lebih dari 9 persen menjadi 6,86 dolar AS Senin (28/12).

"Setelah pertimbangan cermat, dewan menyimpulkan bahwa perubahan dalam posisi ketua akan berada dalam kepentingan terbaik dari perusahaan dan pemegang sahamnya," kata juru bicara perusahaan dalam sebuah email seperti dilansir dari Reuters.

(Baca: Bos Freeport McMoran Jim Bob Moffet Mundur)

Moffet dan dewan pun sudah saling sepakat bahwa ia akan mengundurkan diri. Icahn yang memiliki 8,8 persen dari Freeport pada 22 September telah mengkritik belanja penambang, struktur modal dan kompensasi eksekutif pada saat harga komoditas lemah.

Icahn dan Freeport mencapai kesepakatan pada Oktober lalu yang melakukan 'pembatasan' pada aktivis investor dan mencari penghapusan dari setiap anggota dewan. Perusahaan mengatakan akan mengurangi jumlah direksi dari 16 menjadi sembilan, dan memisahkan bisnis minyak dan gas dari operasi penambangan.

Freeport memasuki bisnis minyak dan gas pada 2013 dengan perolehan Plains Exploration dan McMoRan Exploration sebesar 9 miliar dolar AS. Langkah ini cukup mengherankankan mengingat Moffet juga merupakan CEO dan pemegang saham individu terbesar McMoran.

"Sejak (Moffett) menjadi ketua, saham jatuh dari 60 dolar AS ke 7 dolar AS," kata analis Tigress Financial Partners, Ivan Feinseth.

(Baca: Bos Freeport McMoran Mundur, Ini Komentar Sudirman Said)

Ketika saham itu mendekati 60 dolar AS, mereka memutuskan untuk mendiversifikasi bisnis dari logam dan pertambangan menjadi minyak dan itu dinilai sebagai keputusan buruk. Moffet, yang telah menjadi CEO Freeport dan perusahaan pendahulunya sejak 1984, mendirikan McMoRan Oil & Gas Co pada 1969 dan memimpin merger dengan Freeport Minerals Co pada 1981.

Ketua yang terdiri atas Moffett, Chief Executive Richard Adkerson, dan James Flores, kepala perusahaan bisnis minyak dan gas dinilai menghambat peran kepemimpinan direktur independen. Kemarin Freeport juga mengumumkan Gerald Ford yang telah menjadi direktur independen sejak 2013 menjadi pimpinan noneksekutif. Dalam peran barunya, Moffet akan menerima biaya konsultasi tahunan sebesar 1,5 juta dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement