Kamis 31 Dec 2015 05:30 WIB

Ini Awal Mula Pembentukan ISIS

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Teguh Firmansyah
Abu Musab al-Zarqawi
Abu Musab al-Zarqawi

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL-- Banyak pihak mempertanyakan awal mula terbentuknya pemberontak Negara Islam, Irak dan Suriah (ISIS). Apakah ISIS bagian dari operasi intelijen ataukah murni sebagai gerakan milisi.

Dalam sebuah analisis seperti dikutip Anadolu Agency, gerakan pemberontak lahir setelah invasi AS di Irak pada 2003.  Setahun setelah itu, Abu Musab al-Zarqawi mendirikan  mendirikan Jamaat al-Tawhid wal-Jihad untuk melawan pasukan AS. Setelah melalui beberapa kali transformasi, kelompok ekstremis itu akhirnya menjadi kelompok yang kini dikenal dengan sebutan ISIS.

Dengan memanasnya situasi di Irak dan Suriah, kelompok itu pun mendirikan basis strategis di timur tengah dengan menguasai sejumlah wilayah kedua negara itu.  Ideologi dan metode teror ISIS telah menjadikanya menjadi faktor utama penyebab berkembangnya islamopobia yang terjadi saat ini di dunia barat.

Pada 2006, al-Zarqawi mengumumkan pendirian Dewan Syuro Mujahidin yang bertujuan untuk menyatukan semua fraksi pasukan Sunni Irak dalam satu payung. Namun pada tahun yang sama AS membunuh Zarqawi.

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement