Jumat 08 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Elvis Presley Lahir

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Elvis Presley
Foto: AP
Elvis Presley

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak cerita mengatakan Elvis Presley menginginkan senapan atau sepeda sebagai hadiah ulang tahunnya, seperti yang diinginkan anak seusianya di pinggiran Tupelo, Mississippi. Namun, pada 1946, Elvis justru membawa ibunya ke toko Tupelo Hardware dan mendapatkan gitar pertamanya.

Gitar seharga 6,95 dolar AS itu merupakan hadiah yang akan mengubah jalannya sejarah. Elvis Aaron Presley saat itu berusia 11 tahun.

Pada musim panas 1953, Elvis membayar empat dolar AS untuk merekam dua buah lagu di perusahaan rekaman Sun Studios sebagai hadiah ulang tahun ibunya. Ini menjadi awal karir Elvis, pendiri Sun, Sam Philips memanggilnya pada Juni 1954 untuk mengisi posisi penyanyi ballad yang sedang kosong.

Pria kelahiran 8 Januari 1935 ini adalah seorang penyanyi rock n' roll legendaris dan terpopuler meski berbagai genre musik ada di hidupnya. Ikon ternama di dunia musik ini bahkan dijuluki Raja Rock n' Roll.

Berkat lagu-lagunya yang memadukan irama rock n' roll dengan lagu-lagu ballad, dunia 'rock n' roll memperoleh fondasi komersial yang selanjutnya dapat dikembangkan oleh musisi rock n' roll penerusnya. 

Gaya, sifat, serta cara berpakaiannya menjadi simbol bagi musik rock n' roll dan banyak ditiru penggemarnya. Elvis meninggal pada 16 Agustus 1977 di usia 42 tahun.

Selanjutnya: Mona Lisa Dipamerkan di Washington

 

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement