Senin 11 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Dokter Perempuan Pertama Lulus

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Elizabeth Blackwell pada 11 Januari 1849 resmi menjadi perempuan pertama yang lulus dari sekolah medis di era modern.
Foto: feministsforlife.org
Elizabeth Blackwell pada 11 Januari 1849 resmi menjadi perempuan pertama yang lulus dari sekolah medis di era modern.

REPUBLIKA.CO.ID, Elizabeth Blackwell pada 11 Januari 1849 resmi menjadi perempuan pertama yang lulus dari sekolah medis di era modern. Perempuan kelahiran Inggris 3 Februari 1821 itu menjadi dokter medis perempuan pertama.

Ia bersama keluarganya pindah ke Amerika Serikat pada usia 11 tahun. Pada masa itu, perempuan diharapkan menikah dan menjadi ibu. Sebagian besar perempuan saat itu mempelajari musik dan menjahit, namun ia mempelajari pelajaran yang sama seperti saudara laki-lakinya, yakni matematika dan sains.

Elizabeth mempelajari ilmu medis secara mandiri dari seorang dokter sebelum akhirnya diterima di Geneva Medical College pada 1847 dan lulus tiga tahun kemudian. Ia mendirikan apotek dan rumah sakit untuk perempuan dan anak-anak miskin di New York serta sekolah medis untuk perempuan pada akhir 1860-an.

Elizabeth juga pernah membuka praktik sendiri di New York City dan Inggris serta mengajar di Sekolah Medis London khusus perempuan (London School of Medicine for Women). Ia pensiun pada 1877 dan pindah ke Hastings, Inggris hingga meninggal pada 31 Mei 1910.

Selanjutnya: 140 Negara Setuju Larangan Penggunaan Senjata Kimia

 

 

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement