Ahad 03 Jan 2016 14:25 WIB

Pemerintah NSW Ancam Batalkan Festival Musik Jika tak Steril dari Narkoba

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Kebijakan ini patut ditiru pemerintah lain di dunia. Pemerintah NSW mengancam akan membatalkan penyelenggaraan festival musik jika pihak panitia penyelenggara tidak bisa menjamin akan memperbaiki keamanan event tersebut dari bahaya narkoba.

Kebijakan ini merupakan respons dari insiden seorang penonton overdosis dalam event musik baru-baru ini di wilayahnya. Pernyataan ini dikeluarkan Menteri Kepolisian NSW, Tony Grant setelah seorang penonton wanita berusia  23 tahun dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi kritis karena diduga mengkonsumsi MDMA di event musik Field Day di  Sydney pada malam Tahun Baru kemarin. Penonton ini sudah dipulangkan dari rumah sakit.

Grant mengatakan Pemerintah NSW akan bekerjasama dengan penyelenggara event musik untuk membuat perubahan.

"Kami akan bekerja sama untuk mencegah insiden ini terulang kembali, dan jika dimungkinkan Pemerintah NSW akan dapat berkontribusi untuk membuat venet semacam ini lebih aman tapi uga akan memberikan beban tanggung jawab yang lebih besar bagi penyelenggara untuk menjamin keselamatan penonton," ujarnya baru-baru ini.

"Jadi jika ada langkah-lagkah yang bisa dilakukan oleh penyelenggara yang bisa kita jadikan acuan untuk menjadikan event musik menjadi lebih aman maka kita mengharapkan inisiatif itu bisa diusulkan oleh mereka,'

Ditanya apakan Pemerintah NSW akan menghentikan festival musik jika penyelenggara tidak bisa memperbaiki standar keamanan mereka?,  Grant mengatakan "Ya, tentu saja, acara mereka bisa saja kami hentikan,"

Grant menegaskan nasib penyelenggaraan pertunjukan musik itu sepenuhnya berada ditangan penyelenggara.

"Jadi ini tanggung jawab semua orang untuk tidak membawa narkoba dan tidak menempatkan diri mereka dalam resiko kematian akibat narkoba sebagai konsekwensinya,' katanya.

"Kami tidak bilang ini tugas yang mudah, tapi ini soal kerjasama dan menyebarkan pesan dan pendidikan adalah kuncinya,"

Grant mengatkan Pemerintah NSW tidak akan berdiam diri membiarkan masalah ini terus berlangsung hingga ke level ada penonton yang tewas dalam pertunjukan musik.

Pengunaan narkoba dalam festival musik menjadi sorotan setelah seorang pria berusia 19 tahun dan juga perempuan berusia 25 tahun tewas di Sydney dalam pertunjukan musik Stereosonic yang digelar Desember lalu.

Sylvia Choi, 25, tewas overdosis di pertunjukan musik terkenal di Sydney tersebut.

Seorang pria didakwa memasok narkoba setelah dituduh menjual narkoba kepada Choi.

Sepekan kemudian Stefan Woodward juga tewas akibat overdosis  di event musik Stereosonic di Adelaide.

Direktur Unit Gawat Darurat RS. St Vincent, Dr Fulde mengatakan beberapa tahun belakangan terjadi semacam tren semakin banyak wanita menggunakan ekstasi.

"Jika saja mereka tahu dari apa benda itu berasal, di mana orang telah menyembunyikan mereka, banyak orang akan  muntah, saya percaya, "katanya.

"Salah satu cara menyelundupkannya adalah : mereka menelan pil ekstasi itu yang disimpan dalam ampul balon plastik dan kemudian memuntahkannya dengan semua pil di dalamnya dan seseorang membeli itu, itu sangat gila."
 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement