Selasa 05 Jan 2016 01:43 WIB

Jerman Bangun Jalan Raya 100 Kilometer untuk Sepeda

Rep: Puti Alamas/ Red: achmad syalaby
Bersepeda di musim hujan. Ilustrasi
Foto: Sportku
Bersepeda di musim hujan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bepergian dengan sepeda di Eropa sepertinya bukan lagi impian. Untuk pertama kalinya, Jerman membuka superhighway atau jalan raya luas yang memungkinkan penggunanya mengemudi  dengan kecepatan tinggi khusus untuk alat transportasi ini. 

Jalan luas khusus untuk sepeda ini akan menghubungkan 10 kota di bagian barat Jerman diantaranya Duisburg, Bochum, dan Hamm. Tak hanya itu, superhighway ini juga menjadi jalur yang dilewati empat universitas besar di negara itu, dikutip dari Amusing Planet.

Dengan panjang sekitar 100 kilometer, jalan raya untuk sepeda ini sebagian besar akan dibangun di wilayah bekas kawasan industri Ruhr. Diharapkan, superhighway pertama di Eropa ini memberi keuntungan bagi banyak orang, khususnya mereka yang tinggal di Jerman. 

Dengan sepeda, para warga tak perlu khawatir dengan kemacetan sehari-hari akibat banyaknya kendaraan roda empat yang diprediksi melintasi jalanan di sepanjang Jerman dengan jumlah mencapai 50 ribu setiap harinya. Selain itu, polusi secara otomatis dapat berkurang dan orang-orang bisa menghirup udara bersih, sehat, dan segar. 

Selama ini, sepeda tidak menjadi transportasi yang paling umum digunakan oleh masyarakat di Jerman. Tak seperti Belanda yang selama ini dikenal menjadi negeri bagi pecinta kendaraan roda dua itu. Setidaknya 62 persen perjalanan di negara itu dilakukan dengan bersepeda.

Namun, bukan berarti warga Jerman tak familiar dengan sepeda. Selama ini, telah tersedia lalu lintas khusus untuk orang-orang yang menggunakan alat transportasi ini. Namun, jalur yang ada dinilai tidak begitu layak karena sering kali dibuat di atas akar pohon dan menjadikan orang yang berkendara harus ekstra hati-hati agar tak terjatuh.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement