Selasa 05 Jan 2016 15:47 WIB

Bus Sengaja Dibakar di Cina, 17 Tewas

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Bus terbakar (Ilustrasi)
Foto: thehindu.com
Bus terbakar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NINGXIA -- Sebanyak 17 orang tewas dalam serangan pembakaran sengaja pada transportasi umum di provinsi Ningxia Cina, Selasa (5/1). Kantor berita pemerintah melaporkan sebuah bus terbakar pada pukul tujuh pagi waktu setempat.

Beberapa orang terjebak di dalam bus hingga cukup banyak korban tewas. Sebanyak 32 orang lainnya dilaporkan terluka dalam insiden di kota Yinchuan ini. Saksi mata mengatakan bus seketika terbakar.

Otoritas setempat mengatakan seorang pria 33 tahun bernama Ma Yongping terkait dengan insiden tersebut. Televisi pemerintah CCTV telah merilis foto, nomor identitas dan kendaraan yang terdaftar atas namanya.

"Ia adalah pelaku utama dan pelaku yang membakar transportasi publik," kata otoritas, dikutip BBC. Kantor berita Xinhua mengatakan sopir bus melarikan diri dengan luka ringan.

Insiden pembakaran disengaja pada transportasi publik telah terjadi beberapa kali. Pada Juni 2013, 43 orang tewas dalam insiden pembakaran bus di Xiamen. Otoritas mengatakan pelaku berniat bunuh diri dan mulai membakar bus.

Tahun 2014, seorang pria juga bunuh diri dengan membakar sebuah bus di Hangzhou. Insiden ini melukai 30 orang.

 

Baca juga:

5 Senjata Tempur Saudi yang Bisa Repotkan Iran

Sejarah Hari Ini: Pilot Jepang Lakukan Kamikaze Pertama

Ditemukan Tanda Paparan Gas Sarin di Suriah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement