Rabu 06 Jan 2016 09:14 WIB

Tentara AS Tewas dalam Operasi Khusus Afghanistan Usir Taliban

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Tentara AS di Afghanistan
Foto: Reuters
Tentara AS di Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID,  KABUL -- Seorang tentara Amerika Serikat (AS) tewas dan dua orang terluka dalam operasi di Provinsi Helmand, Afghanistan, Selasa (5/1). Korban terbunuh saat operasi khusus pasukan Afghanistan yang berjuang mengusir militan Taliban.

‘’Pasukan AS datang di bawah tembakan senjata saat melakukan misi Afghanistan dengan operasi khusus di Marjah,’’ kata sekretaris pers Pentagon Peter Cook seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Rabu (6/1).

Dia menambahkan, ketegangan masih berlangsung dan ada pertarungan yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

"Ada bagian yang berbahaya Afghanistan di mana pertarungan masih berlangsung dan Provinsi Helmand adalah salah satu tempat," kata Cook.

Dua helikopter evakuasi medis HH-60 Pave Hawk bergegas datang setelah serangan. Cook menambahkan, salah satu helikopter berbalik setelah terjadi penembakan dan kembali dengan selamat ke pangkalan.

Helikopter kedua mendarat di tempat kejadian tetapi baling-baling yang rusak tampaknya menghantam dinding. Sementara laporan awal menyebut mortir meledak di dekat helikopter. Sebuah sumber Taliban mengklaim bahwa anggotanya telah menembak helikopter jatuh, dengan semua orang di helikopter tewas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement