Kamis 07 Jan 2016 19:09 WIB

Dunia Bersatu Merespons Korut

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Lokasi uji coba nuklir Korea Utara
Foto: Youtube
Lokasi uji coba nuklir Korea Utara

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang mengatakan akan bersatu dalam merespons klaim Korea Utara (Korut) terkait pelaksanaan uji bom hidrogennya. Mereka menilai tindakan terbaru Korut tersebut sebagai tindakan sembrono.

Dilansir laman BBC News, Gedung Putih mengatakan Presiden Barack Obama telah berbicara terpisah dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-Hye dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Obama menegaskan kembali komitmen AS terhadap keamanan sekutunya di Asia.

Gedung Putih mengatakan Obama, Park dan Abe sepakat tindakan Korut merupakan pelanggaran komitmen di bawah hukum internasional. Dalam pernyataan yang dirilis Rabu (6/1), mereka sepakat bekerja sama membentuk respons internasional yang kuat dan bersatu terhadap perilaku sembrono Korut.

Abe mengatakan kepada wartawan, mereka sepakat tindakan provokatif Korut tak dapat diterima. Abe mengatakan mereka akan mengatasi hal ini melalui kerja sama dengan Dewan Keamanan PBB.

Senada dengan Abe, kantor kepresidenan Korsel mengatakan dalam sebuah pernyataan Park dan Obama telah sepakat bekerja sama. Pernyataan juga mengatakan masyarakat internasional harus memastikan Korut membayar mahal uji coba nuklirnya ini.

Baca juga:

Sejarah Hari Ini: Bill Clinton Didakwa Berselingkuh

AU Australia Modifikasi Pesawat Gulfstream G550 Jadi Pesawat Intai

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement