Jumat 08 Jan 2016 07:19 WIB

Astaghfirullah, Perang Bikin Warga Suriah Terpaksa Makan Rumput

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andi Nur Aminah
Dua anak Suriah di antara tenda-tenda pengungsian. Perang saudara telah membuat penduduk negara itu menderita.
Foto: dec.org.uk
Dua anak Suriah di antara tenda-tenda pengungsian. Perang saudara telah membuat penduduk negara itu menderita.

REPUBLIKA.CO.ID, MADAYA -- Sungguh ironis kondisi warga sipil Suriah yang terjebak di tengah konflik perang yang tak berkesudahan. Badan PBB untuk kemanusiaan mengungkap fakta kelaparan warga sipil Suriah yang harus mengonsumsi rumput untuk bertahan hidup di kawasan Madaya.

Hal ini terungkap setelah pasukan pemerintahan Bashar al-Assad akhirnya bersedia membuka blokade kemanusiaan di tiga wilayah. Kondisi di tiga wilayah itu sangat memprihatinkan. Anak-anak banyak yang kelaparan dan kurus hingga terlihat tulang rusuknya.

"PBB menyambut persetujuan hari ini dari Pemerintah Suriah untuk mengakses Madaya, Fua, dan Kefraya. Kami mempersiapkan bantuan kemanusiaan untuk beberapa hari ke depan," demikian pernyatan kantor koordinator urusan kemanusiaan PBB dilansir dari the Guardian, Kamis (7/1).

Kondisi warga sipil yang kelaparan ini menunjukkan masih sedikit konvoi bantuan kemanusiaan yang masuk. Terbukti banyak penduduk yang bertahan dengan memakan rumput dari ladangnya, dan merebus dedaunan dengan bumbu seadanya. Disebutkan dalam pernyataan itu, satu kilogram beras di wilayah ini harus dibeli seharga 250 dolar AS atau Rp 350 ribu. Petugas PBB untuk kemanusiaan mengatakan, bantuan terakhir yang sampai ke tiga wilayah ini adalah pada Oktober tahun lalu sehingga kekurangan stok makanan, susu bayi, dan obat-obatan terjadi di mana-mana. Di wilayah ini, juga banyak ditemukan orang dan bayi meninggal kelaparan. "Madaya tidak di ambang bencana, tapi di sini sudah bencana kemanusiaan," kata petugas PBB.

Kedatangan konvoi bantuan kemanusiaan PBB di Madaya, Fua dan Kefraya, pun disambut bahagia sekaligus keraguan apakah bantuan ini akan bertahan. Madaya adalah contoh dari buruknya dampak blokade yang bertujuan untuk saling melemahkan kekuatan antara pasukan setia Assad dan pejuang perlawanan Assad.

(Baca Juga: Pemerintah Suriah Izinkan Bantuan ke Madaya).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement