Sabtu 09 Jan 2016 08:46 WIB

Buku Mein Kampf Hitler 'Ngehits' di Jerman

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Bilal Ramadhan
Salinan buku Mein Kampf karangan Adolf Hitler.
Foto: Reuters/Fabrizio Bensch
Salinan buku Mein Kampf karangan Adolf Hitler.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Buku karangan pendiri Nazi Adolf Hitler, Mein Kampf menjadi buku paling hits di toko-toko buku Jerman untuk pertama kalinya sejak 70 tahun lalu. Buku karangan Hitler sangat menarik bagi warga Jerman.

Sikap anti semit Hitler yang dituangkan dalam buku tersebut merupakan penyebab dilakukannya Holocaust atau pembasmian massal terhadap orang-orang Yahudi. Ini alasan mengapa para sejarawan ingin buku tersebut dipublikasikan kembali.

Seperti dilansir BBC, Jumat, (8/1), Hitler menuliskan Mein Kampf saat ia berada di penjara. Para akademisi menilai itu salah satu penyebab mengapa ideologi Nazi langsung berkuasa kurang dari satu dekade kemudian.

Sebenarnya dalam buku  Mein Kampf. Tidak ada teks akademik. Namun buku tersebut menjelaskan penyebab dilakukannya Holocaust dan pemikiran brutal Hitler dalam memimpin.

Cukup mengejutkan, rupanya sejumlah kelompok Yahudi mendukung penerbitan buku Mein Kampf itu kembali. Namun buku yang dipublikasikan itu dilengkapi dengan kritik dan catatan para akademisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement