Rabu 13 Jan 2016 18:39 WIB

Puluhan Paus Mati Terdampar di Pantai India

Rep: Gita Amanda/ Red: Hazliansyah
 paus tewas yang terdampar di pantai Alaska dari Samudra Pasifik Utara
Foto: VOA
paus tewas yang terdampar di pantai Alaska dari Samudra Pasifik Utara

REPUBLIKA.CO.ID, TAMIL NADU -- Setidaknya 45 dari 81 paus mati setelah terdampar di sebuah pantai di Tiruchendur di negara bagian Tamil Nadu. Belum diketahui penyebab matinya puluhan paus tersebut.

Dilansir laman Aljazirah, Rabu (13/1), puluhan paus jenis pilot bersirip pendek terdampar di Pantai Tiruchendur pada Selasa (12/1).

Petugas satwa liar di Gulf of Munnar Marine National Park Deepak Bilgi mengatakan, paus yang tersisa didorong kembali ke laut dan beberapa kembali ke pantai.

"Yang lebih tua tak berdaya, sementara yang lebih muda merespons dengan baik. Para ilmuwan menyelidiki apakah ini masalah disorientasi. Namun, kami telah mengirim satu untuk diautopsi," ujar Bilgi.

Pejabat di distrik Tuticorin, Ravi Kumar, juga memeriksa pantai di mana paus-paus itu terdampar. Kumar mengatakan, para petugas telah menyelamatkan dan membawa setidaknya 36 mamalia itu kembali ke laut. Namun, beberapa paus menemukan jalan mereka kembali ke pantai.

"Ini adalah pertama kalinya sejak 1973, saat ada 120 paus terdampar. Insiden seperti ini telah terjadi di sini," kata Kumar kepada kantor berita DPA.

Dari 45 paus yang tewas, 37 merupakan paus dewasa dan delapan lagi baru menuju dewasa.

Paus merupakan mamalia air yang bisa menyelam hingga kedalamam satu kilometer. Paus biasanya terdampar saat mencari makanan mereka, seperti cumi-cumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement