Selasa 19 Jan 2016 10:39 WIB

Italia Tengah Kritis Dilanda Salju dan Gempa

Salju tebal
Foto: Associated Press
Salju tebal

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Wilayah Italia Tengah menghadapi kondisi kritis pada Senin (18/1) karena salju tebal terus turun dan gempa dengan kekuatan rendah terus terjadi, demikian laporan media lokal.

Gempa dengan kekuatan 3,4 pada Skala Richter menggetarkan wilayah sekitar 18 kilometer di luar L'Aquila serta Wilayah Abruzzo, Senin pagi, kata kantor berita Ansa. Lembaga Geofisika dan Vulkanologi Italia (INGV) menyatakan gempa terjadi pada pukul 11.37 waktu setempat di sebelah barat-laut L'Aquila, dan peristiwa seismik tersebut terasa di seluruh provinsi itu.

Kota bersejarah tersebut telah diporak-porandakan gempa dengan kekuatan 6,3 Skala Richter sehingga menewaskan 309 orang pada 2009, dan guncangan belum lama ini, kendati berkekuatan rendah, mengakibatkan ketegangan serta ketakutan di kalangan warga.

Tanah juga terus bergetar di beberapa wilayah yang berdekatan, Marche dan Molise, antara Ahad dan Senin. Guncangan utama dengan kekuatan 3,6 Skala Richter terjadi tak lama setelah pukul 23.00 Ahad. Dua gempa lagi terdaftar di dekat Kota Macerata pada Senin sore.

Getaran dengan kekuatan rendah telah terdaftar terus-menerus di seluruh Italia Tengah sejak 14 Januari, dan sebanyak 50 gempa menggetarkan Molise. Gempa paling kuat, 4,2 Skala Richter, mengguncang Campobasso, Provinsi Utama Molise, pada 16 Januari.

Sebagian besar sekolah di Wilayah Molise masih ditutup pada Senin, dan semua provinsi yang terpengaruh masih disiagakan akibat kondisi cuaca ekstrem. Pemerintah regional mengatakan pemeriksaan keamanan gedung sekolah umum ditingkatkan guna mencegah risiko yang dihadapi murid. Sejauh ini tak ada laporan mengenai kerusakan.

Baca juga:

Parlemen Inggris Perdebatkan Larangan Trump Masuk Negaranya

Hollande Umumkan Status Darurat Ekonomi

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement