Jumat 22 Jan 2016 16:34 WIB

15 Migran Tenggelam di Yunani

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
 Seorang pria pengungsi Suriah memegang erat anaknya saat berusaha mencapai pantai Pulau Lesbos di Yunani.  (REUTERS/Yannis Behrakis)
Seorang pria pengungsi Suriah memegang erat anaknya saat berusaha mencapai pantai Pulau Lesbos di Yunani. (REUTERS/Yannis Behrakis)

REPUBLIKA.CO.ID, KALOLIMNOS -- Seorang penjaga pantai mengatakan, setidaknya 15 migran, termasuk delapan anak-anak tenggelam saat perahu mereka terbalik di wilayah pulau Yunani yaitu Kalolimnos dan Farmakonisi, Jumat (22/1) pagi.

Pejabat setempat mengatakan, sebuah operasi pencarian dan penyelamatan masih berlangsung di area Kalolimnos, yaitu sebuah pulau kecil di Laut Aegean dibantu dengan sebuah helikopter dan kapal.

"Delapan mayat telah ditemukan dan 26 orang telah diselamatkan dan dibawa ke pulau. Mereka berada di perahu kayu itu, namun kami belum mendapatkan keterangan jelas berapa banyak yang berada di perahu itu,’’ ujar pejabat itu.

Pejabat itu menambahkan, belum jelas penyebab mengapa perahu terbalik. Di tempat terpisah tujuh migran tenggelam saat perahu kayu mereka menabrak batu di area Pulau Farmakonisi.

"Enam anak dan seorang wanita tenggelam, sementara 41 migran lainnya di perahu itu berhasil berenang," kata penjaga pantai.

Ribuan pengungsi, terutama Suriah telah menerjang lautan untuk menempuh perjalanan dari Turki ke pulau-pulau Yunani sebagai pintu gerbang Benua Eropa. Padahal, kondisi di lautan berbahaya dan musim dingin membuat perjalanan mereka lebih berbahaya.

 

Baca juga:

Virus Zika Merajalela, Perempuan El Salvador dan Kolombia Disarankan Tunda Kehamilan

Sejarah Hari Ini: Revolusi Rusia Dimulai

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement