Ahad 24 Jan 2016 09:38 WIB

Tak Percaya Barat, ‎Iran Merapat ke Cina

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham
Pemimpin Tertinggi Republik Islam Iran, Ayatollah Ali Khamenei.
Foto: Reuters
Pemimpin Tertinggi Republik Islam Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei menyerukan hubungan kerja sama ekonomi dan keamanan yang lebih erat dengan Cina. Ia mengatakan, Iran tak pernah percaya pada pemerintah Barat.

Tokoh paling kuat di Iran itu mengatakan kepada Presiden Cina Xi Jinping selama kunjungannya di Iran pada Sabtu (23/1). Khamenei mengatakan, Iran ingin mengembakan hubungan kerja sama dengan negara-negara yang lebih mandiri.

Kedua negara setuju meningkatkan perdagangan bilateral hingga lebih dari 10 kali lipat hingga 600 miliar dolar Amerika Serikat dalam dekade berikutnya. "Iran tak pernah percaya Barat, itu sebabnya Teheran mencari kerja sama dengan negara-negara yang lebih independen (seperti Cina)," kata Khamenei.

Khamenei mengatakan, Iran tak akan pernah melupakan kerja sama dengan Cina selama sanksi. (AS Pertegas Dukungannya untuk Saudi).

Presiden Iran, Hassan Rouhani mengkonfirmasi hal itu. Ia mengatakan, Iran dan Cina sepakat meningkatkan perdagangan hingga 600 miliar dolar AS dalam 10 tahun ke depan. "Iran dan Cina sepakat membentuk hubungan strategis yang tercermin dalam dokumen komprehensif 25 tahun," kata Rouhani.

Iran dan Cina menandatangani 17 kesepakatan pada Sabtu itu, termasuk kerja sama dalam energi nuklir dan membangkitkan jalur perdagangan sutera kuno. (Baca juga: 10 Keajaiban Alam Paling Spektakuler di Dunia).

Dalam sebuah editorial pada Sabtu, Cina menyatakan harapan untuk peningkatan hubungan dengan Iran sebagai bagian rencana membangun kembali hubungan dengan Eropa dan Asia sekaligus membentuk pasar baru. Cina memang sedang mempertimbangkan kepentingan dalam memperkuat kerja sama dengan Iran.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement