Senin 25 Jan 2016 07:21 WIB

India Luncurkan Layanan Taksi Khusus untuk LGBT

Ilustrasi kelompok LGBT.
Ilustrasi kelompok LGBT.

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Masyarakat di India dihebohkan dengan peresmian sebuah angkutan umum jenis taksi yang terbilang unik. Layanan taksi tersebut hanya dikhususkan bagi mereka yang memang dari kalangan lesbi, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

Layanan taksi khusus LGBT ini dikelola oleh Wings Rainbow. Taksi LGBT milik Wings Rainbow ini hanya akan mempekerjakan pengemudi dan mengangkut penumpang dari kaum LGBT. 

Taksi bernama Wings Rainbow tersebut secara resmi dibuka dan mulai beroperasi pada 20 Januari 2016 lalu. Untuk tahap awal, taksi LGBT ini hanya akan beroperasi di wilayah Mumbai, India.

"Ketika Anda melihat transgender dan gay mengemudi taksi di Mumbai, para kaum transgender lainnya yang masih mengemis di jalanan pasti ingin menjadi bagian dari perubahan ini," kata Direktur Proyek Wings Rainbow Ganesh Somwanshi, seperti dilansir Aljazeera, Ahad (24/1).

Seperti dikutip dari laman Indian Today, taksi Wings Rainbow adalah hasil karya kerja sama antara Humsafar Trust, komunitas LGBT bersama Wings Travels. Manajemen Wings Rainbow mengungkapkan, mereka siap membuka lowongan pekerjaan bagi sekitar 1.500 para pekerja kaum LGBT. 

Direktur program Humsafar Trust, Pallav Patankar, menegaskan jika taksi ini adalah salah satu cara memperbaiki derajat hidup para gay dan lesbian yang selama ini selalu tidak diterima di India. "Selama ini banyak dari kaum kami yang menjadi korban perdagangan seks ataupun menjadi pengemis di jalan-jalan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement