Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Nelayan Ini Mengaku Melihat 'Monster' Legendaris Loch Ness

Senin 25 Jan 2016 08:38 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Teguh Firmansyah

Makhluk diduga monster loch ness

Makhluk diduga monster loch ness

Foto: dailymail

REPUBLIKA.CO.ID, SKOTLANDIA -- Seorang nelayan sekaligus pensiunan kapten kapal wisata di Skotlandia mengaku melihat loch ness, salah satu dari hewan mistis legendaris yang diduga tinggal di Danau Loch Ness, Skotlandia.

Monster mitos ini menemukan loch ness lewat sonar kapalnya di kedalaman 271 meter di bawah danau, 41 meter lebih dalam dari dugaan penemuan sebelumnya.

"Dia bisa ditemukan hanya beberapa ratus yard di lepas pantai, sedangkan pencarian sonar sebelumnya dilakukan di tengah danau," kata Keith Stewart, dilansir dari IFL Science, Senin (25/1).

Stewart mengaku dia sudah kembali ke titik yang sama beberapa kali dan memverifikasi pengukurannya. Loch ness adalah danau air tawar terbesar kedua di Skotlandia setelah Loch Lomond seluas 56 kilometer (km) per segi.

Bentuk tubuh loch ness diperkirakan mirip dengan dinosaurus purba, Plesiosaurus. Stewart mengaku dia awalnya tak percaya tentang legenda ini sampai sonarnya menangkap sesosok makhluk panjang dengan punuk dalam posisi berbaring di kedalaman danau.

Tiga belas tahun lalu, sekelompok ilmuwan yang menamakan diri the Loch Ness Project membuat sebuah film dokumenter BBC tentang makhluk ini. Mereka menggunakan 600 balok sonar terpisah juga navigasi satelit berteknologi tinggi, namun hasilnya nihil.

"Aku akan memelajari temuan Stewart ini dengan teliti dan hati-hati sebab ada skema pembacaan sonar yang jika diambil dekat isi Echos lobus, maka hasilnya sering keliru," kata Adrian Shine, pemimpin the Loch Ness Project.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA