Senin 25 Jan 2016 09:22 WIB

Hong Kong Alami Suhu Terendah Selama 60 Tahun

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari
Papan penunjuk jalan tampak membeku di Hong Kong, (24/1). Suhu Hong Kong mencapai titik terandah selama 60 tahun terakhir.
Foto: EPA
Papan penunjuk jalan tampak membeku di Hong Kong, (24/1). Suhu Hong Kong mencapai titik terandah selama 60 tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Cuaca ekstrem tak hanya melanda Amerika Serikat, namun kawasan Asia seperti Hong Kong juga mengalaminya. Hong Kong tercatat mengalami suhu terendah dalam 60 tahun terakhir.

BBC News melaporkan pada Ahad (24/1), warga di Hong Kong menggigil saat suhu di wilayah tersebut mencapai tiga derajat Celsius. Ini merupakan suhu terendah yang pernah dialami Hong Kong selama sekitar enam dekade.

"Sangat dingin dan berangin di seluruh Hong Kong. Warga disarankan untuk mengenakan pakaian hangat dan menghindari kontak terlalu lama dengan angin dingin," ujar pernyataan situs pemerintah kota.

Salah seorang warga mengatakan dari laporan cuaca kemungkinan ada embun beku akibat cuaca dingin. Menurutnya awalnya tak ada hujan tapi pada sekitar pukul 04.00 hujan deras turun.

Warga lain mengatakan, cuaca kali ini terlalu dingin untuk Hong Kong. "Ini teralu dingin bagi saya di Hong Kong, seharusnya hangat, ini bukan Hong Kong," ujarnya.

Di Cina pemerintah juga telah mengeluarkan peringatan tertinggi kedua di tengah cuaca terdingin dalam beberapa dekade. Di Gouangzhou telah mengalami salju pertama sejak 1929.

Di Jepang lima orang tewas dan lebih dari 100 lainnya terluka dalam kecelakaan berhubungan dengan cuaca di seluruh negeri dalam 24 jam terakhir. Salju juga turun di sebuah pulau subtropis di Amami Island, untuk pertama kalinya dalam 115 tahun.

(baca: Badai Salju Ubah Manhattan Jadi Taman Bermain Salju)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement