Kamis 28 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Pasangan Remaja Berdarah Dingin Lakukan Pembunuhan Berantai

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Charles Starkweather (1938-1959) dari Lincoln, Nebraska
Foto:
Panama

Rel kereta api Panama yang membawa ribuan penambang ke Kalifornia melalui hutan lebat dari Amerika Tengah melakukan perjalanan pertama di Tanah Genting Panama. Bahkan sebelum Amerika Serikat mengambil Kalifornia dari Meksiko pada 1848 sebagai rampasan perang.

Sebagian besar wisatawan awalnya lebih suka menyeberangi Tanah Genting melalui rute aman dan terencana melalui Nikaragua daripada melalui Panama. Alasannya adalah hutan lebat yang dipenuhi nyamuk malaria.

Sekilas di peta, Panama adalah penghalang sempit antara dua samudera dan mungkin menawarkan penyeberangan cepat jika dikembangkan dengan baik.

Pada 1847, sekelompok pemodal New York membangun perusahaan untuk membangun kereta api Panama. Pada 1850, pekerja mulai meletakkan trek melalui hutan Panama. Selesai pada awal 1855, kereta pertama berangkat dari Atlantik ke Pasifik pada 28 Januari.

Sebuah perjalanan kapal diselingi perjalanan kereta api singkat di Tanah Genting sekarang menjadi sarana tercepat dan paling nyaman dari perjalanan ke Kalifornia. Puluhan ribu emigran haus emas dengan cepat melewati Panama setiap tahunnya.

Kereta api dan emigran California menjadi anugerah bagi perekonomian Panama yang menjadikan kota Colon makmur di ujung Atlantik. Di sana, penumpang sering mengeluh harga kamar dan penginapan yang terus naik.

Sedangkan penduduk Panama sering mengeluhkan gerombolan pemuda yang menuju ladang emas Kalifornia karena membawa ketidakramahan 'Wild West' ke Amerika Tengah. Kebosanan, senjata dan alkohol lekat di kalangan wisatawan. Masyarakat Panama juga membenci sikap arogan dan rasisme yang sering ditampilkan pengunjung.

Lalu lintas muatan dan manusia bergerak dua arah di jalur kereta sibuk tanah genting Panama berlangsung sampai 1869 ketika kereta api lintas benua pertama selesai di Amerika Serikat. Namun, kereta api terus membawa banyak barang komersial untuk Eropa atau Asia hingga Terusan Panama selesai pada 1914.

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement