Senin 25 Jan 2016 13:40 WIB

Hubungan India dan Cina Terancam Memanas, Ada Apa?

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
Perdana Menteri India Narendra Modi.
Foto: food.ndtv.com
Perdana Menteri India Narendra Modi.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Para pejabat India mengatakan, negaranya akan membangun satelit pelacakan dan pusat pencitraan di selatan Vietnam yang akan memberikan Hanoi akses gambar dari satelit tersebut.

Langkah ini dipandang dapat meningkatkan ketegangan dengan Cina, karena India memberikan akses data gambar pencitraan ke Vietnam.

Seperti dilansir Aljazirah, Senin (25/1), satelit pengamatan bumi milik India akan mencakup wilayah termasuk Cina dan Laut Cina Selatan. Vietnam telah lama terlibat sengketa terkait teritorial di Laut Cina Selatan dengan Cina.

India juga memperpanjang kredit 100 juta dolar Amerika Serikatnya untuk Hanoi. Dana tersebut untuk membeli kapal patroli dan memberikan latihan kapal selam. Imbalannya Hanoi akan memberikan blok ekslorasi minyaknya di perairan Vietnam yang disengketakan dengan Cina ke India.

 "Ini semacam quid pro quo yang akan memungkinkan Vietnam menerima gambar IRS (India Remote Sensing) secara langsung, tanpa meminta ke India," ujar pejabat India.

Satelit pengamatan bumi memiliki aplikasi pertanian, ilmiah dan lingkungan, tetapi juga dapat menyediakan intelijen militer. Media India memperkirakan biaya stasiun sekitar 23 juta dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement