Rabu 27 Jan 2016 19:09 WIB

Kerry: Program Nuklir Korut Tantangan Besar Keamanan Dunia

Menteri Luar Negeri AS John Kerry
Foto: Reuters/Mohamed Abd El Ghany
Menteri Luar Negeri AS John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Kegiatan nuklir Korea Utara adalah tantangan besar bagi keamanan dunia, kata Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry kepada timpalannya asal Cina Wang Yi pada Rabu (27/1).

Usaha Korea Utara membuat senjata nuklir menjadi salah satu masalah paling penting terkait keamanan Amerika Serikat. Pejabat Amerika Serikat sebelumnya menyatakan masalah itu akan menjadi yang utama dalam pembicaraan Kerry.

Cina adalah kepala pelindung diplomatik dan pemberi bantuan ekonomi Korea Utara, namun ikatan tersebut berubah tegang pada beberapa tahun belakangan saat kesabaran Beijing mulai menipis akibat keengganan Pyongyang mengekang nafsu nuklirnya.

Setelah uji terakhir pada 6 Januari, saat Pyongyang menyebutkan menguji bom hidrogen diperkecil Cina mengatakan mereka sangat menentang ulah Korea Utara itu dan memanggil diplomatnya. Meskipun demikian, kekuatan Asia terbukti enggan  mengikuti pimpinan Washington dalam isu tersebut dan tidak ada langkah-langkah substantif yang telah diberlakukan kepada Korea Utara.

 

Wang memahami fakta Kerry telah mengunjungi sejumlah negara di wilayah Asia, dan menyebutkan dengan mengunjungi negara tersebut akan dapat membuat Kerry lebih memahami benua itu dan dapat memberikan pendapat yang lebih obyektif.

Saat Kerry tiba di Beijing pada Selasa, media nasional milik negara, China Dailu menerbitkan sebuah artikel dengan judul yang menyebutkan para ahli berharap sedikit dari kunjungan Kerry ke Cina.

 

Baca juga:

Taiwan Gelar Latihan Militer Hadapi Cina

Sejarah Hari Ini: Manusia Jadi 'Drakula Pembunuh'

Panah Menancap di Perut Sapi Selama Tiga Hari

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement