Kamis 28 Jan 2016 17:30 WIB

Kapal Terbalik di Yunani, 12 Pengungsi Tenggelam

Para pengungsi berenang untuk mencapai pantai Pulau Lesbos, Yunani.
Foto: REUTERS/Alkis Konstantinidis
Para pengungsi berenang untuk mencapai pantai Pulau Lesbos, Yunani.

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA --Sebanyak 12 pendatang tewas tenggelam setelah perahu mereka terbalik di lepas pantai pulau Yunani di dekat Turki.

Petugas keamanan pantai Yunani pada Kamis (28/1) mengatakan peristiwa itu terjadi karena orang terus menyeberang ke Eropa, meskipun musim dingin sangat menggigit.

"Seseorang, yang sanggup berenang hingga pantai, kepada pihak berwenang Yunani menceritakan kapal tumpangannya mengangkut 40 hingga 45 orang," kata petugas keamanan pantai.

Kapal tersebut terbalik pada Rabu malam di utara pulau Samos yang berada di laut Aegea timur atau dekat dengan pantai Turki. Sembilan orang sejauh ini diselamatkan. Badan Kerja Sama Perbatasan Antarnegara Uni Eropa atau Frontex dan kapal petugas keamanan pantai mencari beberapa korban selamat.

"Kami tidak yakin sembilan orang diselamatkan di antara 45 orang atau mungkin mereka dalam perahu berbeda," kata petugas tersebut.

Lebih dari 600 ribupengungsi dan pendatang melarikan diri dari Suriah, Afganistan, dan negara-negara lain yang dilanda peperangan telah tiba di Yunani dari Turki tahun lalu. Mereka mengambil risiko dengan melakukan pelayaran berbahaya karena sering menggunakan perahu karet. Ratusan telah tewas tenggelam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement