Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Terkait Video Propaganda ISIS, 2 Rumah di Melbourne Digeledah

Jumat 29 Jan 2016 07:52 WIB

Red: Ani Nursalikah

Mohamed Unais Mohamed Ameen muncul dalam video propaganda yang sengaja berlokasi di Suriah.

Foto:

Ameen Terkait dengan Teroris yang Terlibat Aksi Hari Anzac

Bagimanapun juga, di samping menciptakan kesan ia bekerja sebagai fisioterapis, Ameen tak memiliki pelatihan medis, dan sedang belajar untuk mendapatkan ijazah pembinaan olahraga di Melbourne sebelum melakukan perjalanan ke Suriah pada Mei 2014.

Rincian tentang kehidupan Ameen di Australia begitu samar, namun ia diyakini telah tiba di Australia pada 2001 dengan visa pelajar, dan menjadi warga negara Australia setelah menikahi seorang perempuan Australia. Ia sempat menjalani perawatan setelah diduga menderita cedera punggung.

Ameen dikaitkan dengan Al Furqan, yang selama bertahun-tahun telah dikaitkan dengan propagandis ISIS asal Australia, Neil Prakash, Numan Haider, remaja yang ditembak mati setelah menyerang dua polisi di Endeavour Hills pada 2014. Dia juga diduga terkait dengan laki-laki yang diduga terlibat dengan serangan teror yang direncanakan di Melbourne pada Hari Anzac tahun lalu.

Tahun lalu, nama Ameen juga muncul di sejumlah artikel berbahasa Turki yang berisi daftar simpatisan ISIS dari luar negeri yang diduga ditahan oleh pihak berwenang Turki, dan kemudian diizinkan untuk menyeberangi perbatasan ke Suriah.

Dalam artikel itu, nomor paspor Australia Ameen dan tanggal lahirnya tercantum, dan tempat kelahirannya ditulis sebagai sebagai kota Borella di Sri Lanka. Artikel itu mengatakan, para anggota ISIS dari luar negeri pertama ditahan oleh pihak berwenang Turki antara April-September 2014, yang cocok dengan tanggal keberangkatan Ameen dari Australia.

Ada dalam laporan itu pula, beberapa anggota ISIS dari luar negeri yang sebelumnya dilaporkan bertempur di Suriah dan bergabung dengan ISIS. Meski membingungkan, nama lain yang tercantum dalam daftar adalah warga Barat yang dilaporkan disandera oleh kelompok ISIS.

Ketika dimintai komentar, Polisi Federal Australia menegaskan pihaknya "melakukan kegiatan operasional" di Meadow Heights dan Craigieburn dan mengatakan, tak ada bahaya langsung bagi masyarakat. Polisi mengatakan, pihaknya tidak akan berkomentar lebih lanjut karena penyelidikan sedang berlangsung.

 



sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-01-29/terkait-pelaku-video-propaganda-isis-2-rumah-di-melbourne-digeledah/1541146
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA