Jumat 29 Jan 2016 08:41 WIB

Boneka Barbie Kini 'Lebih Manusiawi'

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Barbie (Ilustrasi)
Foto: Alarabiya
Barbie (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Akhirnya, impian setiap gadis kecil berbagai warna kulit telah menjadi kenyataan. Bagi mereka yang tidak terlihat pirang, bermata biru dan berbentuk ramping seperti boneka Barbie tradisional, tahun ini Mattel menawarkan perubahan ispiratif.

Satu set baru Barbie yang terlihat jauh lebih nyata. Barbie, Kamis (28/1), mengumumkan Fashinosta akan mencakup tiga tipe bentuk tubuh yang baru, tinggi, mungil dan berlekuk, tujuh tingkat warna kulit yang berbeda, 22 warna mata dan 24 gaya rambut baru.

"Ini benar-benar menarik. Barbie akhirnya mendengarkan konsumen, orang tua, advokat perempuan dan kelompok seperti kita," ujar pendiri dan editor blog AdiosBarbie.com juga editor Sheheroes.org, Pia Guerrero dilansir dari Fox News.

Mattel telah membuat beberapa perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, perusahaan menyajikan 23 boneka baru dengan berbagai warna kulit dan warna rambut dengan kaki datar, bukan dalam posisi berjinjit yang dirancang untuk menggunakan sepatu heels. Tapi belum menawarkan perubahan signifikan dalam jenis bentuk tubuh.

"Barbie telah membuat perubahan di masa lalu, tapi tidak ada yang dramatis. Ini benar-benar revolusioner," kata Guerrero.

Dengan adanya perubahan yang lebih nyata membuktikan, mainan dan persepsi bermain anak-anak bisa disesuaikan dengan kondisi masyarakat di mana mereka tinggal.

Sementara itu, Wakil Presiden dan General Manajer Barbie, Evelyn Mazzocco menganggap sudah saatnya untuk mengubah wajah brand secara harfiah. "Boneka baru ini lebih mencerminkan dunia yang anak lihat di sekitar mereka," katanya.

Namun tampaknya ide ini tidak datang cukup cepat. Pada 2014, Mattel mengumumkan dalam laporan tahunan, mereka mengalami penurunkan global dalam penjualan Barbie sebesar 14 persen. Ini merupakan kuartal kedelapan berturut-turut jatuhnya penjualan Barbie.

 

Baca juga:

Lego Kini Punya Karakter Mainan Berkursi Roda

Sejarah Hari Ini: Penembakan Sekolah Dasar di San Diego

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement