Jumat 29 Jan 2016 17:18 WIB

AS Bertemu Rusia Membahas Operasi Udara di Suriah

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Jet tempur Rusia yang melakukan serangan udara di Suriah.
Foto: reuters
Jet tempur Rusia yang melakukan serangan udara di Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Dapartemen Pertahanan Amerika merilis video konferensi pertemuan pejabat Kementerian Pertahanan AS dan Rusia. Keduanya membahas isu yang berkaitan dengan keamanan militer di ruang udara Suriah. 

"Kedua belah pihak mendiskusikan langkah-langkah untuk meningkatkan keselamatan operasional, termasuk sarana untuk menghindari kecelakaan dan konfrontasi yang tidak diinginkan antara koalisi dan pasukan Rusia setiap kali operasi kedua belah pihak berdekatan," kata Kepala Pers Pentagon Peter Cook dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan pada situs Pentagon, Jumat (29/1).

AS dan Rusia merupakan dua negara yang menggelar operasi udara  melawan ISIS di Suriah. Kendati begitu, keduanya memiliki tujuan berbeda. Rusia ingin mempertahankan Assad. Sebaliknya AS ingin Assad Jatuh.

"MoU sebagai sarana untuk menghindari kecelakaan dan konfrontasi yang tidak diinginkan antara koalisi dan pasukan Rusia setiap kali operasi kedua belah pihak berdekatan," tulis Cook.

Kedua pihak juga sepakat untuk melanjutkan diskusi dalam format yang sama di masa depan. Diskusi ini adalah pertemuan lanjutan yang sudah pernah dilakukan kedua belah pihak pada Oktober 2015 lalu.

Baca juga, Anggota ISIS Asal Belanda Serang Yaman?

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement