Ahad 31 Jan 2016 12:18 WIB

Rahasia Usia Panjang Nenek 108 Tahun: Cinta

Rep: Adysha CR/ Red: Ilham
Ekspresi kasih sayang dalam pelukan, ciuman dan tanggapan atas emosi anak berpengaruh pada perkembangan jiwa hingga dewasa (Ilustrasi)
Foto: CORBIS
Ekspresi kasih sayang dalam pelukan, ciuman dan tanggapan atas emosi anak berpengaruh pada perkembangan jiwa hingga dewasa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bisa hidup mencapai usia lebih dari 100 tahun merupakan pencapaian yang bisa dikatakan luar biasa. Arlena Labon merupakan wanita beruntung yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 108 tahun. Di balik umurnya yang panjang, Labon ternyata menyimpan rahasia yang sederhana.

"Cintai satu sama lain, sayangku. Perlakukan satu sama lain dengan baik," cerita Labon saat ditanya mengenai kunci dari umur panjangnya.

Dilansir Huffingtonpost, ucapan ini bukan hanya sekedar isapan jempol belaka bagi Labon. Wanita yang sudah hidup lebih dari satu abad ini tidak memiliki anak kandung semasa hidupnya. Meski begitu, Labon merupakan orang tua angkat dari sekitar 50 anak.

Dengan penuh cinta kasih semasa hidupnya, Labon merawat sekitar 50 anak angkatnya dengan baik. Labon pun mendedikasikan hidupnya selama ini untuk memastikan bahwa anak-anak angkatnya dapat hidup layak dan bahagia.

"Karena saya mencintai semua orang dan akan menolong orang yang bisa saya tolong. Itu hal yang seharusnya kita lakukan," kata Labon.

Labon tidak mendapatkan pendidikan dengan begitu baik semasa hidupnya. Akan tetapi, Labon selalu memastikan bahwa seluruh anak angkatnya dapat menerima pendidikan yang layak. Pasalnya, Labon tidak ingin seluruh anak angkatnya kekurangan pendidikan seperti dirinya.

"Saya memberikan mereka apa yang dulu tidak saya dapatkan. Saya seorang dropout, tapi saya bersyukur karena Tuhan mengizinkan saya melakukan semua ini dengan baik," kata Labon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement