Selasa 02 Feb 2016 12:16 WIB

Cruz Kalahkan Trump dalam Pemilihan Capres di Iowa

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Ted Cruz
Foto: tedcruz.org
Ted Cruz

REPUBLIKA.CO.ID, IOWA -- Senator Amerika Serikat Ted Cruz mengalahkan miliarder Donald Trump dalam pemilihan calon Presiden Partai Republik di Iowa pada Senin (1/2). Sementara Marco Rubio menduduki tempat ketiga.

Cruz merupakan seorang anggota parlemen konservatif dari Texas. Ia memenangkan 28 persen suara unggul dari Trump yang memperoleh 24 persen suara. Sedangkan Rubio yang merupakan senator AS dari Florida berada di urutan ketiga dengan 23 persen.

Kemenangan Cruz dan menguatnya Rubio bisa menjadi ancaman bagi Trump. Rubio mengatakan ia sempat diminta menunggu giliran. Tapi malam ini hasil di Iowa mengirimkan pesan yang sangat jelas.

Di kubu Demokrat, mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton memimpin dari saingannya Senator Bernie Sanders. Dari 88 persen orang yang ikut pemilihan, Clinton meraih 49,9 persen suara sementara Sanders 49,4 persen suara.

Mantan Gubernur Maryland Martin O'Malley mengalami kesulitan mendapatkan daya tarik dalam persaingan di kubu Demokrat. Ia hanya memperoleh 0,6 persen.

Penduduk Iowa mulai berkumpul pada pukul 19.00 waktu setempat. Mereka memberikan suara kepada kandidat yang mereka sukai. Hasil Iowa dapat menimbulkan dampak pada pertarungan mendatang.

Jajak pendapat sebelumnya juga sempat memperlihatkan persaingan ketat Hillary Clinton dengan Senator Vermont Bernie Sanders di kubu Demokrat. Sementara di Republik, Donald Trump bersaing dengan Ted Cruz.

 

Baca juga: Raja Malaysia Minta Rakyat Bersatu

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement