Selasa 02 Feb 2016 18:31 WIB

Tragis, Gajah Injak Turis Sampai Meninggal

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Gajah
Foto: VOA
Gajah

REPUBLIKA.CO.ID, KOH SAMUI -- Gajah di Pulau Koh Samui, Thailand menginjak-injak seorang turis asing, Senin (1/2). Akibatnya satu wisatawan tewas dan dua orang luka-luka. Pria dari Inggris naik di punggung si gajah bersama dengan putrinya.

Namun, tiba-tiba gajah itu melempar mereka. "Kami menduga bahwa cuaca panas membuat gajah marah dan dia tidak terbiasa dengan pawangnya,’’ kata kepala polisi distrik Paiboon Omark seperti dikutip dari laman Aljazirah, Selasa (2/2).

Paiboon mengatakan, turis memiliki kaki palsu dan tidak dapat lari dari gajah yang menanduk dan diinjak-injaknya. Putri wisatawan tersebut  dan pawangnya yang berkewarganegaraan Myanmar  menderita luka-luka namun berhasil melarikan diri . ‘’Gajah bernama Golf itu kemudian ditenangkan dan dikendalikan,’’ katanya.

Sementara itu, pendiri Wildlife Friends Foundation of Thailand Edwin Wiek, mengatakan,  hewan berjenis kelamin jantan tersebut bereaksi agresif. Wiek membantah laporan lokal yang turis telah mengejek hewan tersebut. Menurutnya kejadian ini adalah insiden fatal keenam dalam lima bulan terakhir yang melibatkan gajah  di seluruh Thailand.

"Gajah jantan tidak harus menjadi bagian dari trek ini sama sekali karena mereka  tidak terkendali ketika berada di panas, "kata Wiek.

Thailand memiliki sekitar 4.000 gajah peliharaan, banyak dipekerjakan dalam sektor pariwisata. Pada Agustus, gajah membunuh pawang dengan tiga wisatawan Cina yang ketakutan naik di punggungnya. Namun beruntung para wisatawan selamat.

Baca juga, Sebarkan Lagu Ejekan Pemimpin Junta, Pria Thailand Ditangkap.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement