Kamis 04 Feb 2016 00:10 WIB

WHO Duga Penyebaran Virus Zika Lewat Hubungan Seks

Red: M Akbar
Larva nyamuk Aedes Aegypti yang diduga menyebarkan virus Zika di Brasil.
Foto: AP/Felipe Dane
Larva nyamuk Aedes Aegypti yang diduga menyebarkan virus Zika di Brasil.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyuarakan kekhawatirannya atas laporan yang menyebutkan virus zika diduga ditularkan melalui hubungan seksual di Amerika Serikat. Untuk itu, WHO menyerukan agar dilakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap virus yang sebelumnya diklaim telah disebarkan lewat nyamuk.

Penderita pertama penularan virus di Amerika Serikat dilaporkan di Dallas, Texas, Selasa, oleh petugas kesehatan setempat. Dalam laporan itu, disebutkan kemungkinan virus itu ditularkan melalui hubungan seksual dan bukan gigitan nyamuk.

"Kami pasti memahami kekhawatiran tersebut. Ini memerlukan penyelidikan lebih jauh untuk memahami kondisinya dan seberapa sering atau mungkin penularan lewat hubungan seks itu, dan apakah tidak ada cairan tubuh lain yang terlibat," kata Juru Bicara WHO Gregory Hartl kepada Reuters, Rabu (3/2).

"Ini kasus penularan secara seksual kedua yang diperdebatkan," katanya merujuk pada laporan media mengenai kasus seorang pria Amerika yang pulang dari Senegal pada 2008 dan diduga menulari istrinya.

Virus yang dikaitkan dengan kelahiran bayi berkepala kecil dan kecacatan lahir di Brasil ini telah menyebar dengan cepat di Amerika. Lalu, WHO pada Senin waktu setempat menyatakan situasi darurat kesehatan bagi masyarakat internasional untuk kondisi yang dikenali sebagai microcephaly itu.

Badan PBB tersebut, yang memimpin koordinasi internasional untuk wabah ini, mengatakan virus tersebut bisa menyebar ke Afrika dan Asia, yang memiliki angka kelahiran terbesar di dunia, ataupun ke Eropa selatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement