Jumat 05 Feb 2016 09:00 WIB

Pengadilan Meksiko Selidiki Aliran Uang El Chapo ke Aktris Telenovela

Foto yang diberikan Rolling Stone menunjukkan Sean Penn (kiri) bersalaman dengan bandar narkoba Meksiko Joaquin 'El Chapo' Guzman.
Foto: Reuters
Foto yang diberikan Rolling Stone menunjukkan Sean Penn (kiri) bersalaman dengan bandar narkoba Meksiko Joaquin 'El Chapo' Guzman.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Jaksa penuntut Meksiko mengeluarkan perintah untuk menemukan keberadaan aktris Kate del Castillo. Seperti dilansir BBC, Kamis (4/2), Del Castillo akan dimintai kesaksiannya dalam kasus gembong narkoba Joaquin Guzman atau yang lebih dikenal dengan julukan El Chapo.

Bintang telenovela asal Meksiko tersebut disebut diketahui mengatur pertemuan antara bintang Holywood, Sean Penn, dengan El Chapo ketika gembong narkoba itu masih buron. Surat perintah dikeluarkan setelah del Castillo tidak bersedia datang untuk diwawancarai ke Konsulat Jenderal Meksiko di Los Angeles terkait hubungannya dengan El Chapo.

Menurut jaksa, del Castillo mungkin menerima uang dari El Chapo untuk bisnis tequila miliknya tahun lalu. Masalahnya adalah bintang itu sekarang tinggal di Amerika Serikat sementara wilayah hukum jaksa penuntut terbatas di Meksiko.

Del Castillo sudah membantah punya kaitan dengan El Chapo, yang berhasil ditangkap kembali awal Januari setelah sempat buron selama enam bulan karena melarikan diri dari penjara berpengamanan tinggi di dekat ibukota Mexico City.

Wawancara Sean Penn dengan El Chapo pada Oktober 2015 lalu telah memicu kontroversi dan seorang juru bicara Gedung Putih menyebutnya sebagai tindakan yang 'menimbulkan kemarahan'.

Bagaimanapun wawancara itu, menurut seorang pejabat Meksiko yang tak mau disebut namanya, yang membantu mereka menemukan bos kartel narkoba Sinaloa, yang merupakan salah satu kelompok penyelundup narkotika yang berpengaruh di dunia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement