Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

Kapal Kuno Ditemukan Dekat Piramida

Jumat 05 Feb 2016 15:27 WIB

Red: Ani Nursalikah

 Arkeolog Ceko menemukan sebuah kapal kuno yang digunakan untuk pemakaman dekat piramida Abusir di selatan Kairo.

Arkeolog Ceko menemukan sebuah kapal kuno yang digunakan untuk pemakaman dekat piramida Abusir di selatan Kairo.

Foto: Arsip The Czech Institute of Egyptology, V. Dulíková

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Arkeolog Ceska menemukan sebuah kapal kuno yang digunakan untuk pemakaman dekat piramida Abusir di selatan Kairo.

Dikutip dari Japan Times, Jumat (5/2), temuan ini bisa mengungkap bagaimana membangun sebuah kapal di Mesir kuno. Kapal kayu berusia lebih dari 4.500 tahun lalu ini diyakini milik seorang tokoh masyarakat.

Saat tim arkeologi sedang membersihkan mastaba, kuburan kuno, mereka menemukan beberapa bagian kapal sepanjang 18 meter yang tertutup pasir. Kapal ini juga diletakkan di atas hamparan batu.

"Ini penemuan yang sangat tidak biasa karena perahu seukuran itu dan pembangunan selama periode ini hanya digunakan tokoh terkemuka dalam masyarakat. Biasanya anggota keluarga kerajaan," ujar direktur misi Ceska, Miroslav Barta, dalam pernyataannya.

Panjang perahu dan tembikar yang ditemukan bersamanya menunjukkan penemuan itu bisa berasal dari akhir dinasti ketiga atau awal dinasti keempat.

"Papan kayu yang dipasang dengan pasak kayu masih terlihat di posisi asalnya. Secara luar biasa, pasir gurun telah mengawetkan serat tanaman yang menutupi papan," katanya.

Baca juga: Kerugian Ekonomi Perang Suriah 35 Miliar Dolar AS

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA