Jumat 05 Feb 2016 18:39 WIB

Gunung Berapi Dekat Pembangkit Nuklir Meletus

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Teguh Firmansyah
Pembangkit Tenaga Nuklir di Jepang yang diguncang gempa
Pembangkit Tenaga Nuklir di Jepang yang diguncang gempa

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Gunung berapi Sakurajima yang terletak 50 kilometer dari pembangkit nuklir meletus, Jumat (5/2). Badan Meteorologi Jepang mengatakan, letusan menyemburkan lava ke langit.

Gunung berapi yang menghadap kota Kagoshima di pulau utama paling selatan Kyushu tersebut memang sering meletus. Seperti diberitakan Japan Time ukuran letusan tampaknya sama dengan tahun lalu dan dua tahun sebelumnya.

Badan Meteorologi memperingatkan daerah pemukiman di dekat kaki gunung bisa terkena dampak serius. Namun, profesor emeritus dari Universitas Kyoto dan ahli gunung berapi Kazuhiro Isihara mengatakan, letusan tidak mungkin memiliki dampak serius ke daerah pemukiman terdekat.

Berdasarkan gambar video menunjukkan luncuran batu dari kawah hanya mencapai sekitar dua kilometer dari puncak gunung. Pembangkit nuklir Sendai yang dijalankan Kyushu Electric Power dan berada di pulau yang sama kembali beroperasi tahun lalu.

Pembangkit tersebut pernah ditutup bersama dengan semua pembangkit nuklir Jepang setelah gempa dan tsunami 2011 memicu krisis pada pembangkit nuklir di utara Tokyo.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement