Ahad 07 Feb 2016 14:48 WIB

Penularan Virus Zika Lewat Hubungan Seks Ditemukan di Texas

Rep: Adysha CR/ Red: Didi Purwadi
Ilustrasi pencegahan virus Zika
Foto: Ilustrasi
Ilustrasi pencegahan virus Zika

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Virus Zika yang selama ini diyakini menular lewat gigitan nyamunk aides aegypti ternyata dapat menular melalui cara lain. Untuk pertama kalinya, kasus penularan virus Zika melalui hubungan seksual ditemukan di Texas.

Penemuan tersebut telah dikonfirmasi oleh otoritas kesehatan Amerika Serikat. Otoritas kesehatan menyatakan bahwa ada seorang pasien di Dallas, Texas, mengidap virus Zika.

Menurut laporan Center for Disease Control and Prevention yang diterima Dallas County Health and Human Services, pasien tersebut tertular virus Zika melalui hubungan seksual. Pasien tersebut, terang petugas, tertular karena melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang sakit dan baru saja tiba dari negara yang terpapar virus Zika.

Sebelumnya, para investigator juga mengeksplorasi kemungkinan adanya penularan virus Zika melalui hubungan seksual. Pasalnya, pada 2008 lalu, virus Zika sempat ditemukan terdapat dalam sperma seorang laki-laki di Tahiti. Pria tersebut tertular virus Zika saat berada di luar negeri dan diduga menularkannya kembali kepada istrinya saat tiba di negaranya.

Sejauh ini, otoritas mengatakan kasus penularan virus Zika di Dallas hanya kasus penularan melalui hubungan seksual. Sebaliknya, kasus penularan virus Zika melalui gigitan nyamuk aides aegypti belum ditemukan di daerah tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement