Senin 08 Feb 2016 00:15 WIB

Pensiunan Dokter yang Hidup untuk Kucing dan Anjing Terlantar

Rep: Puti Almas/ Red: Ilham
Weng Xiaoping dengan peliharaannya
Foto: Odditycentral
Weng Xiaoping dengan peliharaannya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Weng Xiaoping dahulu merupakan seorang dokter terkenal di Cina. Kini, ia telah pensiun dari tugas-tugas kemanusiaannya itu.

Namun, hal itu tak berhenti membuat dirinya peduli dengan sesama. Di masa pensiunnya, ia memilih untuk menghabiskan waktu dengan memelihara kucing dan anjing yang terlantar.

Bahkan, tanpa ragu ia menghabiskan uang pensiunnya untuk memberi makan hewan-hewan tersebut. Selain itu, ia juga menjual beberapa benda penting untuk mendapatkan uang tambahan sebesar 1,8 juta yuan atau sekitar 300 ribu dolar AS.

Xiaoping kemudian tinggal ke Desa Taopingqiao, yang terletak dekat Kota Huzhou. Di sana, ia membangun tempat perlindungan bagi kucing dan anjing yang terlantar. Selama 8 tahun terakhir ini pun, sudah ratusan hewan berkaki empat yang ia adopsi dan rawat dengan baik.

Ia juga memiliki dua asisten untuk membantu pekerjaan mulianya ini. Dengan menggunakan uang pensiun, pekerja tersebut diberikan gaji sebesar 7.000 yuan per bulan oleh Xiaoping.

"Hewan-hewan kecil ini membutuhkan 18 ember beras untuk satu kali makan dan mereka memakan 50 kilogram beras setiap hari," kata perempuan berusia 62 itu, dilansir Oddity Central.

Tak hanya memberi makan dan menampung hewan-hewan menggemaskan itu, Xiaoping juga memberi fasilitas kesehatan seperti vaksin dan bagi mereka yang terluka. Karena itu, ia berterima kasih pada relawan yang turut membantu mendanai tempat perlindungan kucing dan anjing tersebut.

Ia pun berharap suatu saat dapat menemukan seseorang yang melanjutkan cita-citanya untuk merawat anjing dan kucing yang terlantar. Xiaoping tentunya ingin agar apa yang telah ia bangun selama ini tak menjadi sia-sia setelah ia tiada.

"Tentu aku berharap menemukan orang yang mampu meneruskan pemeliharaan tempat perlindungan hewan ini. Saya telah berjuang selama bertahun-tahun untuk menjaga hewan-hewan liar," kata Xiaoping.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement