Senin 08 Feb 2016 06:32 WIB

Sejarah Hari Ini: Jejak 'Setan' Ditemukan

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Agama Kuil Setan (ilustrasi)
Foto:
Hukuman Mati

Eksekusi mati menggunakan gas mematikan dilakukan pertama kalinya dalam sejarah Amerika pada hari ini, 8 Februari tahun 1924 silam di Nevada. Pria yang dieksekusi adalah Tong Lee, seorang anggota geng Cina. Ia didakwa dalam kasus pembunuhan anggota geng rival.

Penggunaan gas letal diadopsi Nevada pada 1921 sebagai metode yang dinilai lebih humanis dalam penetapan hukuman mati. Gas mematikan ini berseberangan dengan metode tradisional seperti eksekusi dengan digantung, ditembak atau disetrum.
Selama eksekusi dengan gas, tahanan diisolasi di ruangan kedap udara. Potasium sianida atau sodium sianida kemudian dimasukan ke dalam wadah berisi asam hidroklorik. Campuran ini menghasilkan gas hidrosianida yang mampu merusak kemampuan tubuh memproses hemoglobin darah.
Tahanan akan jatuh pingsan dalam beberapa detik kemudian tersedak hingga tewas. Kecuali tahanan menahan nafas hingga akhirnya kejang-kejang dalam beberapa menit. Penggunaan gas mematikan ini digantikan oleh suntik mati pada abad ke-20.

sumber : History.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement