Selasa 09 Feb 2016 06:15 WIB

Australia Tarik Pendanaan Sekolah Islam

Rep: Amri Amrullah/ Red: Angga Indrawan
Muslim Australia
Foto: Australiaplus
Muslim Australia

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Pemerintah Federal New South Wales (NSW), Australia menarik bantuan 20 juta dolar AUS, dari Sekolah Malek Fahd di Greenacre, sekolah Islam terbesar di wilayah barat daya Sydney. Pendanaan yang telah dijanjikan itu ditarik setelah dikeluarkan pengumuman yang disampaikan Departemen Pendidikan Senin (8/2).

Pihak otoritas pendidikan setempat membuat keputusan mencabut 20 juta dolar Australia dana Commonwealth sejak 8 April lalu, dengan alasan dana yang ada tidak digunakan untuk pembiayaan pendidikan seperti dalam Undang Undang pendidikan yang ada. The Daily Telegraph melaporkan keputusan penghentian dana ini setelah beberapa kali peringatan.

"Saya berkomitmen memastikan semua sekolah memenuhi persyaratan yang telah diatur UU pendidikan, memastikan uang dari pajak yang dibayarkan dan diinvestasikan ke swasta menguntungkan siswa Australia," kata Menteri Pendidikan Australia, Simon Birmingham, dilansir 9news.com, Selasa (9/2).

Dengan disetopnya pendanaan tersebut, sekolah akan dipaksa mengandalkan pendanaan pendidikan dari Departemen New South Wales. Departemen NSW yang mengeluarkan pernyataanya Senin malam, menegaskan berharap dapat melanjutkan kerjasama dengan Departemen Pendidikan dan Pelatihan Commonwelth terkait hal ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement