Selasa 09 Feb 2016 15:20 WIB

Ditemukan, Jamur Raksasa Seukuran Payung

Jamur genoderma raksasa seukuran payung ditemukan di Cina
Foto: daily mail
Jamur genoderma raksasa seukuran payung ditemukan di Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Seorang seniman dari Cina terkejut saat mendapati sebuah jamur seukuran payung yang dijual petani lokal.

Sun Guofeng yang tinggal di Luoning County di provinsi Henan sedang mencari akar pohon untuk diukir saat dia melihat jamur raksasa itu dijual pada 3 Februari lalu, seperti dilaporkan People's Daily Online.

Dikutip dari Daily Mail, Senin (8/2), jamur bernama ganoderma itu memiliki berat hampir 4,5 kilogram dan diameter hampir satu meter. Umumnya jamur ini memiliki diameter 12 sentimeter. Ganoderma sering digunakan dalam pengobatan tradisional Cina. Rasanya kuat dan seperti kayu.

Setelah Sun Guofeng melihat jamur itu, dia membujuk petani untuk menjual jamur itu kepadanya. Tidak disebutkan berapa harga jamur itu.

Jamur raksasa itu berwarna merah tua dan coklat. Teksturnya mirip dengan kulit pohon. Tidak lama setelah membelinya,  dia kemudian mengontak wartawan.

Dia lantas muncul di berita setempat dengan memamerkan jamur raksasa itu, termasuk saluran New China Television. Berdasarkan laporan, para ahli mengatakan jamur itu tidak tumbuh liar melainkan dibudidayakan oleh petani yang menjualnya.

Baca juga:

AS dan Saudi Dorong Gencatan Senjata Jelang Pembicaraan Suriah

Jepang Bantu Malaysia Tingkatkan Industri Halal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement