Sabtu 13 Feb 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Crouching Tiger, Hidden Dragon Sabet 10 Nominasi Oscar

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Michelle Yeoh dalam Crouching Tiger Hidden Dragons.
Foto: www.sandwichjohnfilms.com
Michelle Yeoh dalam Crouching Tiger Hidden Dragons.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 13 Februari 2001 silam, film sutradara Ang Lee, Crouching Tiger, Hidden Dragon menjadi film tersukses di masanya. Film ini mendapatkan 10 nominasi Oscar dan menjadi film Asia pertama dan satu-satunya film berbahasa asing yang masuk kategori Film Terbaik.

Ang Lee tiba di Hollywood dengan beragam mimpi. Ia membuat film-film berbahasa Inggris seperti Sense and Sensibility pada 1995, The Ice Storm pada 1997 dan Ride with the Devil pada 1999. Sutradara asal Taiwan ini pun ingin kembali pada asalnya dengan membuat film berbahasa Cina untuk penonton mandarinnya.

Hingga akhirnya, film tradisional genre bela diri ini pun lahir diperankan Chow Yun Fat dan Michelle Yeoh. Film ini kental budaya Cina dengan setting abad 19 di Cina selama dinasti Qing. Film ini menggaet Yuen Wo-ping sebagai koreografer perkelahian. Ia sukses dalam The Matrix.

Awal rilis, film ini hanya tayang di enam layar bioskop New York. Setelah terkenal dengan kesuksesannya, Sony Picture Classics melebarkan rilisnya hingga bisa tayang di 1.200 layar seluruh AS. Film ini menjadi film berbahasa asing dengan penghasilan tertinggi dalam sejarah Amerika.

sumber : History.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement