Senin 15 Feb 2016 09:27 WIB

Hati-Hati Mengonsumsi Ekstrak Herbal, Berpotensi Picu Kerusakan Hati

Whitby perlu segera mendapatkan transplansi hari karena hatinya gagal berfungsi setelah mengkonsumsi ekstrak teh hijau dan garnisia Kamboja untuk menurunkan berat badannya.
Foto:

Ayah muda ini perlu menjalani serangkaian pengobatan selama hidupnya dan membagi kisahnya sebagai peringatan bagi orang lain.

 

"Saya tidak menyangka sesuatu yang Anda beli lewat internet atau di toko obat dapat membuat kerusakan seperti yang terjadi pada diri saya. Mereka tidak mengatakan apapun kalau produk itu dapat menyebabkan kerusakan hati,” katanya.

 

Para pembayar pajak juga akan dibebani anggaran yang diperkirakan sebesar 150 ribu dolar AS untuk membantu biaya transplantasi hati Whitby. Dan karena teh hijau pada dasarnya adalah makanan, maka kerap tidak masuk dalam bahan pengawasan obat-obatan.  

 

Produk yang diklaim mengandung efek pengobatan, seperti suplemen garnicia kamboja diatur oleh Otoritas Produk Obat-obatan Australia (TGA). Tapi didalam produk seperti bubuk protein, biasanya diatur melalui Badan Standarisasi Pangan Australia dan Selandia Baru dengan penekanan dari Otoritas Kesehatan Nasional.

 

TGA mengatakan tengah menyelidiki kasus ini sebagai bagian dari kajian yang lebih luas dan hasilnya akan dipublikasikan jika memang ditemukan bukti ada masalah keamanan sebagai bahan peringatan tindakan lebih lanjut. 

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-02-15/hatihati-mengkonsumsi-ekstrak-herbal-berpotensi-picu-keracunan-hati/1547624
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement