Senin 15 Feb 2016 09:27 WIB

Hati-Hati Mengonsumsi Ekstrak Herbal, Berpotensi Picu Kerusakan Hati

Whitby perlu segera mendapatkan transplansi hari karena hatinya gagal berfungsi setelah mengkonsumsi ekstrak teh hijau dan garnisia Kamboja untuk menurunkan berat badannya.
Foto:

Menurut TGA  salah satu produk yang dikonsumsi Whitby adalah bubuk protein yang disebut HydroxyBurn Elite yang diproduksi oleh BSc. Tidak ada yang ilegal mengenai produk yang mengandung ekstrak teh hijau dan itu adalah bahan yang disetujui untuk dijual di Australia.

 

Para ahli berpikir kegagalan hati terkait dengan ekstrak teh hijau dapat terjadi karena katekin, unsur serupa yang membuatnya berpotensi menguntungkan, khususnya sub-kelompok catechin yang disebut EGCG.

 

Dokter yang merawat Whitby mengatakan ekstrak teh hijau memang tampaknya menjadi penyebab atas  kegagalan hatinya, tapi menurutnya ada banyak bahan lain dalam suplemen dan bubuk tersebut sehingga sulit untuk menerbitkan peringatan tertentu.

 

Pakar mengatakan teh hijau aman diminum dalam jumlah yang menengah, produk yang berisiko tampaknya berasal dari bentuk ekstraknya. 

 

Pakar transplantasi hati, Professor Gary Jeffrey di Pusat transplantasi Hati Australia Barat mengatakan belakangan ini mereka menjumpai banyak kasus kerusakan hati yang disebabkan oleh obat-obatan herbal dan juga ekstrak herbal.

 

Menurutnya warga perlu memperhatikan manfaat dan juga resiko mengkonsumsi produk suplemen semacam ini dengan cermat. "Orang yang memiliki fungsi hari normal dalam mengalami kerusakan hati karena keracunan ekstrak herbal. Ada banyak sejumlah negara di dunia yang telah menghapuskan peredaran produk penurun berat badan semacam ini dari pasar karena meningkatnya kasus kerusakan hati,” katanya.

 

Dalam sebuah pernyataan perusahaan mengatakan tidak menyadari kasus ini dan TGA tidak diberitahu mereka dari efek samping. Kasus ini telah didokumentasikan di Medical Journal of Australia.

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-02-15/hatihati-mengkonsumsi-ekstrak-herbal-berpotensi-picu-keracunan-hati/1547624
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement